Home » » cara merubah arus ac ke dc pada honda beat

cara merubah arus ac ke dc pada honda beat

TUTORIAL DC FULLWAVE SEPEDA MOTOR YANG MASIH AC

" Campuran Otomotif "Pemasangan lampu HID masih menjadi momok para biker, karena sudah banyak yang mengeluh setelah beberapa waktu menggunakan lampu jenis ini apalagi jenis motor bebek atau matik yang seyogyanya masih menganut sistem AC. keluhan yang sering terdengar adalah aki motor jadi sering tekor, ujung ujung motor jadi susah di hidupkan. maka dari itu saya akan berbagi tips menanggulangi aki tekor dengan cara fullwave kelistrikan menjadi DC full.

1. Motor Bebek dan Skutik Yamaha
Modifikasi fullwave pada motor Yamaha Jupiter MX/Z, Vega ZR, Mio, Xeon, Nouvo lebih gampang dibanding motor laen, pasalnya ground spul-nya nggak tertanam di stator, jadi nggak perlu bongkar generator/alternator motor, perhatikan kabel-kabel yang ada di soket alternator … kalo di situ terdapat kabel berwarna putih, kuning, dan hitam, berarti motor termasuk yang gampang dimodif fullwave.
 Lihat diagram di bawah:




Perhatikan tanda x merah pada gambar, artinya di potong karena tidak akan di gunakan. Sebelum bongkar-bongkar, cabut fuse aki atau kabel terminal aki untuk mencegah konslet apabila jalur suplai listrik menyentuh ground secara nggak sengaja.
Lepaskan soket spul. pada soket yang menuju spul, cabut jalur kabel kuning dan hitam. Kabel kuning diisolasi (ini nggak dipakai) dan kabel hitam disambungkan ke kabel tambahan  panjang kabel secukupnya, kira-kira bisa menjangkau posisi regulator. Kalo sudah, pasang kembali soket spulnya. Jadi di soket ini cuma kabel putih yang terhubung ke kabel bodi.
Lanjut … Ganti regulator/kiprok bawaan motor dengan regulator fullwave milik Honda Tiger bisa jg regulator fullwave lainnya. Perhatikan, ada 5-kaki di regulator Tiger … 1-2-3 di atas dan 4-5 di bawah.

Cabut kabel merah dari soket kiprok lama dan pasangkan ke regulator Tiger #1.
Cabut kabel hitam dari soket kiprok lama dan pasangkan ke regulator Tiger #3.
Cabut kabel putih dari soket kiprok lama dan pasangkan ke regulator Tiger #4.
Sedangkan kabel tambahan yang terhubung ke kabel hitam spul langsung dipasangkan ke regulator Tiger #5.
Masih ada satu kabel lagi di soket kiprok lama, yaitu kabel kuning. Cabut kabel ini, gabungkan dengan kabel cokelat dan pasangkan ke regulator Tiger #2. Kabel cokelat merupakan jalur “+” dari kunci kontak.
sumber: http://kotsk.wordpress.com



2. Fullwaving Suzuki Shogun NR / FU150 / Smash 110 / Spin
Sama kayak Honda Beat/Vario, fullwaving Suzuki Shogun NR / Satria FU150 / Smash 110 / Spin musti “disconnect” ground spul. Saya sih blom pernah bongkar langsung FU150 ama Smash 110, tapi dilihat dari skema kelistrikannya sama
Stator Suzuki Shogun NR
Sesuai gambar di atas, kawat yang terhubung ke tab GROUND spul musti dicabut/dipotong …
Kawat ground spul dicabut/dipotong

Selanjutnya ujung kawat tadi disambung dengan kabel tambahan untuk dijadikan jalur pengisian menuju regulator fullwave (misal, regulator Honda Tiger). Jangan lupa sambungan tadi ditutup/diisolasi dengan selang bakar atau shrink tube — bisa dibeli di toko listrik/elektronika atau Ace Hardware — Instalasi lengkapnya bisa dilihat dari skema di bawah:

Skema fullwaving Suzuki Shogun NR

Saya saranin pakai regulator/kiprok yang original, karena regulasi voltasenya lebih bagus, terutama tuk FU150 yang pakai speedometer digital. Speedometer ini gak bisa kena voltase di atas 15V DC, karena bakal ngedip dan nge-reset. Cara kedua, dengan membatasi (regulasi) voltase di jalur suplai ke speedometer agar voltasenya di bawah 15V, misal dengan menggunakan IC LM7812. Cara ketiga, menggunakan 2 butir diode 1A yg dirangkai seri (agar ada voltage-drop sebesar 1.4V).
sumber: http://kotsk.wordpress.com


3. Fullwaving Kawasaki Ninja 150R
Ini diagram charging & ignition standar pada Ninja 150R …

Sama seperti lainnya, modifikasi “fullwave” Ninja 150R harus meng-unground-kan kawat spul yang nyantol ke rangka/bodi/massa. Pada diagram di atas saya tandai sebagai “grounded spul” yang nyantol di spul pengapian.
Setelah dilepas, selanjutnya tinggal disambungkan dengan kabel tambahan untuk dijadikan jalur pengisian (sama seperti kabel PINK) langsung menuju kiprok/regulator fullwave.


Jalur spul lampu juga harus dilepas dari soket dan nggak boleh terhubung dengan jalur lampu di kabel bodi. Karena rencananya lampu bakal ngambil suplai dari aki, jadi listrik DC (dari aki) nggak boleh “nyampur” dengan listrik AC (dari spul) supaya spul nggak hancur terbakar 
Kalo bagian alternator sudah kelar dimodifikasi, tinggal instalasi regulator/kiprok fullwave dan sedikit modifikasi jalur-jalur kabel. Instalasi & modifikasi jalur kabel bisa ikuti skema di bawah ini:

Selesai 
sumber: http://kotsk.wordpress.com



4. Fullwaving Yamaha Scorpio

Modifikasi kelistrikan fullwave Yamaha Scorpio musti bongkar stator  karena salah satu ujung kawat kumparan tertanam ke bodi/massa/ground.

Ujung kawat kumparan terhubung dengan ground

Karena syarat fullwave adalah “nggak boleh ada bagian kumparan yang tersentuh dengan ground“, maka ujung kawat tersebut harus dicabut dari solderan … dipotong juga nggak apa 
Selanjutnya ujung kawat tadi disambungkan ke kabel tambahan … atau bisa pakai kabel/jalur spul lampu (kabel warna kuning pada stator) karena jalur ini nggak dipakai lagi nantinya.


Ujung kawat kumparan disambung kabel tambahan
Nah, kabel tambahan ini nantinya sebagai jalur pengisian (charging) seperti kabel putih pada stator.
Prinsip modifikasi halfwave ke fullwave
Jangan lupa sambungan tadi dilapis/ditutup dengan heat-shrink tube (selang bakar) supaya nggak tersentuh kemana-mana.

Sambungan diisolasi dengan selang bakar
Nantinya kabel kuning dari arah kabel bodi, yang menuju stator, dicabut dari soket dan diisolasi … ini supaya arus AC dari stator nggak nyampur dengan arus DC dari aki (karena suplai lampu nantinya diambil dari aki).
Kalo udah kelar, tinggal rakit lagi stator ke tempatnya semula. Nantinya ada 2 jalur dari stator sebagai input pengisian (charging) lansung menuju regulator, yaitu kabel putih dan kabel tambahan tadi.
Langkah selanjutnya, instalasi regulator fullwave

































































Share this article :

+ komentar + 1 komentar

18 Januari 2020 pukul 23.01

Motor saya Vega r, kabel hitam dari spul diukur nyambung ke ground berarti perlu dilepas ?

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. mas muji2 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger