Home » » MENGGANTI LAMPU UTAMA DENGAN LED CREE

MENGGANTI LAMPU UTAMA DENGAN LED CREE

MENGGANTI LAMPU UTAMA DENGAN LED CREE

" Campuran Otomotif " masih mahalnya harga Projie HID ataupun Projie LED, dan banyaknya kelemahan dalam pengaplikasian HID membuat saya berfikir kreatif gmana caranya mengganti lampu standar bawaan pabrik dengan lampu yang lebih terang, tetapi minim budget...
Dalam proyek saya kali ini saya menggunakan salah satu jenis terbaru High Power LED (HPL) yaitu Cree, kenapa saya memilih jenis ini di banding sodaranya Luxeon, karena Cree mempunyai kualitas output cahaya yang di hasilkan lebih terang di banding Luxeon dan Cree untuk jarak jauh tidak buyar cahayanya. 
Dalam pengaplikasiannya saya tetap menggunakan housing bekas Luxeon karena casing ini sudah di lengkapi dengan lensa cembung, dan juga berbahan yang bisa membuang panas. jadi sangat cocok untuk jenis  HPL, karena HPL saat bekerja menghasilkan panas juga, tetapi tidak sepanas lampu pijar halogen.
Dalam pemasangannya kita mesti bongkar mika head lamp, cara bukanya dengan memanaskan bagian sambungan antara mika dan reflektor dengan heat gun, kl gak punya bisa pake hair dryer..
Dalam satu housing ini saya jejali satu buah HPL Cree 10 watt untuk lampu utamanya, dan satu buah LED 1 watt sebagai demon eye.


Bagian reflektor saya cat hitam karena di samping tampilan lebih sangar, dengan pemangan housing cree ini leflektor jadi tidak berfungsi..
Pasang housing cree ini agak nunduk ke bawah agar nantinya cahaya output tidak lurus, kalau lurus bisa bikin silau pengendara lawan arah karna cahaya cree ini cukup kuat intensitasnya.


Pada saat sore hari atau di daerah yang belum mengharuskan lampu utama on siang hari, maka saya cukup nyalakan lampu demon eye. Saat lampu utama di nyalakan maka secara otomatis lampu demon eye dan lampu variasi lainnya mati.


Hasil output cahaya HPL Cree 10 watt masih jauh di atas lampu halogen standar bahkan mendekati HID. hasil foto ini tanpa saya edit pencahayaan dan ruangan sudah di terangi menggunakan cahaya neon philip 35 watt. cahaya Cree masih lebih terang. dan pada saat di pakai di jalan raya cahaya yang jatuh ke jalan intensitas cahayanya pun sangat kuat. 


Mudah-mudahan bisa menginspirasi anda, untuk selalu berkreasi..
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. mas muji2 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger